[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Thursday, February 7, 2008

Kegiatan Penelitian 2007 Tuntas



Tahun 2007 kemarin ada 2 penelitian yang dilakukan oleh Studio Keramik. Objek kedua penelitian itu adalah badan keramik kasongan. Yang pertama berjudul: Tanah Gerabah Kasongan: Pengembangan Badan Keramik dan Abu Sekam Padi; dan yang kedua adalah: Eksperimen Engobe Pada Badan Keramik Kasongan sebagai Finishing Pada Benda Biskuit dan Glasir. Penelitian yang pertama telah didokumentasi sebagai buku setebal 150-an halaman dan rencananya pada tahun ini diusahakan akan diterbitkan. Sedangkan penelitian yang kedua telah diseminarkan secara terbatas dengan mengundang widyaiswara dan kalangan guru pada tgl 5 Februari 2008 yang lalu.

Kita berharap semoga hasil-hasil penelitian tidak berhenti pada sebuah laporan; tetapi dapat diterapkan di industri ataupun sebagai media pembelajaran pada diklat maupun media disekolah.

Ringkasan buku Tanah Gerabah Kasongan:
Buku ini merupakan hasil penelitian untuk mengembangkan badan keramik Gerabah Kasongan. Tanah liat yang digunakan oleh perajin Kasongan selama ini dibuat produk-produk gerabah. Dalam penelitian ini direkayasa beberapa formula badan keramik dari tanah liat yang digunakan di Kasongan untuk dapat dibuat keramik berglasir. Glasir yang digunakan adalah glasir-glasir bakaran rendah dan glasir yang dikembangkan dari abu sekam padi. Selain bahasan pokok tersebut, disajikan pula materi-materi pendukung yang akan memeprjelas pemahaman kita akan keramik. Buku ini bukanlah buku yang lengkap untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran keramik. Tetapi ada dua hal yang membuat buku cukup menarik: (1) bagi para pembelajar seni, dengan membaca buku ini maka akan sedikit berkenalan dengan kandungan sains dari kerajinan keramik (2) bagi para pembelajar sains buku ini dapat dijadikan sarana berkenalan dengan kerajinan keramik secara praktis.


Abstrak

EKSPERIMEN ENGOBE PADA BADAN KERAMIK KASONGAN
SEBAGAI FINISHING BENDA BISKUIT DAN GLASIR

Sugihartono, Wahyu G. Budiyanto, Purnomo
Pembimbing: Rohmat Sulistya, S.T., M.Si

Abstrak

Telah dilakukan penelitian Eksperimen Engobe Pada Badan Keramik Kasongan Sebagai Finishing Benda Biskuit dan Glasir dengan bahan baku utama Tanah Liat Godean dan Tanah Liat Sukabumi. Engobe dibuat dengan berbagai komposisi dan dilapiskan pada benda-benda uji (tile) dan produk gerabah Kasongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanah liat Godean dan Sukabumi dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar engobe untuk melapis gerabah Kasongan. Hasil bubuhan/lapisan stain atau pewarna dan glasir diatas lapisan engobe sebelum dibakar, dan setelah dibakar hasil pembakarannya melekat dengan kuat dan hasil warna lebih cerah dan terang, Penambahan bahan lain untuk memperkuat lapisan engobe berupa CMC dan waterglass sangat diperlukan. Penerapan hasil penelitian pada dunia industri layak dilakukan mengingat proses ini mudah dilakukan dan bahan baku yang diperlukan mudah didapat.

Kata kunci: Engobe, Gerabah Kasongan, Tanah Liat Godean, Tanah Liat Sukabumi

No comments:

Post a Comment