[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, September 26, 2011

Fokus Pada Teknik Putar Dasar dan Handbuilding: Diklat Produktif 2011

Pembelajaran praktek
Pelaksanaan diklat produktif tahun 2011 ini dilaksanakan pada September - Oktober 2011. Khusus program studi DPK Keramik, peserta yang diikutsertakan adalah peserta jenjang dasar dimana mereka pada umumnya belum pernah mengikuti diklat produktif sebelumnya.
Materi yang disampaikan adalah memperdalam keteknikan membuat keramik dengan teknik handbuilding dan teknik putar dasar. Selain itu, peserta juga harus membuat dokumen portofolio untuk salah satu karyanya, yang akan dikutsertakan dalam pameran pada akhir kegiatan.
Untuk tahun ini diklat diikuti 8 peserta berasal dari Lombok, Bali, Pontianak, Jepara, Jogja, dan Klaten.
Berikut ini adalah materi-materi program diklat produktif kriya keramik:
Pembelajaran teori
Umum: 1. Kebijakan pendidikan seni dan budaya 2. pendidikan lingkungan hidup 3. pendidikan karakter bangsa.
Pokok : 4. Dasar estetika terapan 5. wawasan seni budaya 6. dasar pendidikan kejuruan 7. perkembangan dan karakteristik peserta didik 8. model pembelajaran 9. KTSP 10. kompeensi kepribadian dan sosial 11. Dasar kompetensi: desain produk, teknik pijit, teknik pilin, teknik lempeng, teknik putar dasar, dekorasi, pengglasiran, pembakaran 12. pameran 13. studi banding

Studi industri di sentra keramik pagerjurang, Bayat

Pengampu materi diklat selain dari internal PPPPTK Seni dan Budaya, juga mengundang pemateri dari UGM, ISI, dan industri.

No comments:

Post a Comment