[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Saturday, November 26, 2011

Lomba Kompetensi Siswa 2011 - Bidang Lomba: Ceramics

Suasana lomba
Lomba Kompetensi Siswa SMK Tahun 2011 tingkat nasional akhirnya diselenggarakan pada 22-25 November 2011 di Jakarta. Bertempat di parkir timur Senayan Jakarta; lomba diselenggarakan selama 18 jam atau 3 hari. Lomba bidang kriya keramik kali ini diikuti oleh 8 propinsi yaitu Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat.
Materi lomba kali ini terasa istimewa dan berbeda dari lomba-lomba sebelumnya karena ada 3 segmen lomba yaitu praktek pembuatan keramik dengan teknik putar berupa 2 pcs mangkok berdiameter 24 cm dan 18 cm, wawancara/interview pengetahuan keramik, dan penilaian sampel produk keramik berglasir yang telah dibuat didaerah masing-masing. Pembuatan sampel keramik ini adalah hal yang baru pada LKS tahun ini. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran pada masyarakat luas bahwa pembuatan keramik itu tidak berhenti pada pembentukan produk saja tetapi juga memerlukan pembakaran dan pengglasiran.
Tes wawancara
Salah satu produk sampel
Dekorasi yang diterapkan pada produk oleh beberapa peserta antara lain dekorasi engobe, toreh, tempel, dan ukir. Dewan juri terdiri dari 3 orang yaitu 2 orang dari akademisi: Dra. C. Tridjata S, M.Sn (UNJ Jakarta), Rohmat Sulistya, ST., M.Si (P4TK Seni dan Budaya), dan satu orang dari praktisi keramik yakni I Gusti Ketut Anom, S.Sn (Cicak Keramik Bali).
Hasil lomba dapat dilihat pada tautan berikut ini: hasil lomba LKS 2011. Sampai jumpa lagi di LKS 2012.

Peserta lomba dan guru pembimbing

2 comments: