[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Wednesday, December 21, 2011

Dekorasi Keramik : Dekorasi Clay Body Leather Hard (Carving, Sgrafitto, Inlay, Piercing, Burnishing, Embossing)

Dekorasi clay-body leather hard merupakan dekorasi benda keramik yang diterapkan pada badan benda keramik mentah dalam kondisi setengah kering (leather hard), dengan kondisi  sperti ini maka tidak semua jenis dekorasi dapat diterapkan pada benda keramik tersebut. 


Teknik Ukir/Carving.
Teknik Ukir (Studio Keramik)
Teknik Ukir (Studio Keramik)
Istilah mengukir atau carving amat sukar untuk memisahkan mengukir dan  menggores dengan ukiran yang berbentuk goresan lengkung. Dan dalam hal  menghias keramik menurut sejarah hiasan dengan ukiran  jarang di buat dibandingkan dengan  semua ketekniTeknik dekorasi ini  dilakukan langsung pada benda keramik dengan kondisi setengah kering dan sebaiknya menggunakan rancangan gambar diatas permukaan badan. Tidak ada ketentuan seberapa dalam membuat cekungan ukiran,  namun sebaiknya disesuaikan  dengan kebutuhan dan desainnya.  Mengukir  sebagai penampilan keindahan keramik dengan motif-motif yang sesuai juga lebih harmoni, jika dapat menempatkan pola dengan bentuk benda keramiknyakan menghias lainnya. 


Teknik Toreh/Sgrafitto
Sgrafitto
Dekorasi teknik sgrafitto dilakukan pada saat kondisi benda keramik masih dalam kondisi setengah kering (leather hard). Dekorasi teknik sgrafitto dilakukan pada saat kondisi benda keramik masih dalam kondisi setengah kering (leather hard). Slip tanah liat yang digunakan untuk melapisi benda keramik sebaiknya berbeda dengan warna tanah liat yang digunakan untuk membuat benda keramiknya, hal ini dilakukan agar dekorasi yang dihasilkan dapat muncul stelah benda keramik digores atau ditoreh. sumber gambar


Teknik Toreh Isi/Inlay.
Inlay

Dekorasi teknik inlay merupakan dekorasi yang dilakukan pada badan benda keramik setengah kering (leather hard) dengan cara membubuhkan jenis tanah liat warna pada goresan atau torehan yang berupa motif dekorasi pada permukaan badan benda keramik.
Untuk mendapatkan hasil dekorasi yang baik selanjutnya permukaan badan benda kaeramik yang telah diisi tanah liat warna tersebut dihaluskan sehingga menghasilkan motif dekorasi yang rapi.


Teknik Terawangan/Piercing
Pierching (Studio Keramik)
Teknik dekorasi piercing merupakan salah satu teknik menghias dengan cara menembus permukaan badan tanah liat. Dengan  pisau fettling adalah suatu alat yang baik  untuk proses ini, sebab ujung pisau yang sempit akan memberi kemudahan untuk menembus permukaanJika pisau tidak memotong dengan mudah  untuk menembus kedalam tanah liat, maka  badan  keramik akan retak. Pola hias yang mudah diterapkan adalah bentuk geometris, yang ditampilkan secara berulang atau selang-seling.




Teknik Gosok/Burnishing
Burnishing
Teknik dekorasi ini adalah suatu metoda menghias dengan cara mengkilpkan permukaan dengan cara mengosok hingga  berkilauan. Teknik ini telah digunakan oleh „craftmanship“ diseluruh dunia, terutama di Roma dan Eropa barat pada masa lampau. 


Teknik Embossing/etching
Embossing
Dekorasi dengan teknik ini termasuk dekorassi impressed decoration stamping dan beating. Stamping atau cap dapat digunakan untuk mengembangkan hiasan timbul. Stamping dan embossing  memiliki perbedaan kecil, dalam embossing merupakan tanah liat yang ditempelkan pada permukaan badan benda setengah kering dengan mengolesi lumpur tanah sebagai bakal motif, kemudian bakal motif tersebut ditekan menggunakan  pellet (butir cetakan dari gips). Sedang pada teknik stamping  motif hias langsung ditekan pada permukaan badan  keramik.Motif dekorasi ini bisa dilakukan dengan motif tertentu atau khusus. Tetapi caranya bisa dilakukan dengan bebas, satu demi satu atau berulang-ulang dengan alat yang dirancang khusus berupa pellet dengan replika. Dengan membubuhkan slip ke permukaan badan dan kemudian menekannya dengan alat tersebut, akan meninggalkan jejak yang bisa di lihat kenampakan hasil dari replikanya.


Sumber artikel: BSE Kriya Keramik
Sumber gambar: Koleksi Studio Keramik dan berbagai sumber internet.

5 comments:

  1. Teknik-tekniknya banyak bgt yaa,, kaya ny ribet juga sii. tp hasilnya menjual bgt. kereenn

    ReplyDelete
  2. blog yang banyak manfaatnya baikbagi pemula atau lanjutan

    ReplyDelete
  3. wee sy PKL di P4TK pak hhehe dari SMK 5 tahun kemaren yang cowok semua 9 orang, , berbanfaat bgt deh blognya

    ReplyDelete
  4. wee sy PKL di P4TK pak hhehe dari SMK 5 tahun kemaren yang cowok semua 9 orang, , berbanfaat bgt deh blognya

    ReplyDelete