[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Wednesday, April 16, 2014

Kegiatan Prakerin 2014: Mengglasir


 Di akhir kegiatan praktek kerja industri, banyak karya yang telah dihasilkan. Hasil karya itu meliputi produk untuk unit produksi maupun karya-karya pengembangan kreativitas para siswa sendiri.
Mengglasir, bagi sebagian besar siswa merupakan hal baru. Hal ini dikarenakan keterbatasan fasilitas di sekolah yang kurang memungkinkan siswa mengalami atau mempraktekkan tahapan membuat keramik secara utuh. Banyak kendala di sekolah sehingga kegiatan pengglasiran ini tidak dilakukan atau kurang jam praktiknya. Diantaranya adalah bahan glasir yang relatif mahal untuk praktek banyak siswa, ketersediaan peralatan mengglasir yang minim, maupun kendala pada pembakaran glasir. Permasalahan yang serring ditemui pada tungku pembakaran adalah kondisi tungku yang kurang optimal bahkan rusak dan mahalnya bahan bakar terutama gas. Jika ketersediaan anggaran sering tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka siswa pun menjadi kurang dalam pembelajaran praktik.
Dengan kondisi tersebut, maka tepatlah jika prakerin adalah pembelajaran luar sekolah untuk memenuhi kekurangan penguasaan kompetensi di sekolah.
Kembali pada kegiatan mengglasir. Hampir semua teknik pengglsairan dipelajari pada prakerin ini. Karena kendala tungku di tempat praktik yang hanya mampu membakar pada suhu 1100 C, maka karya-karya ini hanya menerapkan glasir-glasir bakaran rendah yang aman. Karya-karya ini juga diaplikasikan engobe untuk menutup badan keramik. Dekorasi dengan stain juga diterapkan, kemudian pada sentuhan akhir di semprot dengan glasir bakaran rendah. 

No comments:

Post a Comment