[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, February 2, 2015

Pengenalan Keramik Pada Anak TK, Eduwisata TK PKK Grogolan dan TK Ar Rahman Sawit Sari

Pengenalan kriya keramik kepada anak usia dini dan taman kanak-kanak mampu memberi gambaran kepada siswa bagaimana benda-benda yang ada disekitar mereka dibuat. Ketika ditanyakan kepada anak-anak tersebut apakah bahan-bahan dari piring, mangkuk yang ada didapur, banyak jawaban yang tidak terduga dilontarkan. Ada yang menjawab logam, kaleng, kaca dan lain-lain. Tidak banyak yang melontarkan istilah keramik. Tetapi terlalu dini kalau kita mengatakan anak-anak kita tidak mengetahui keramik. Terbukti, ketika ditanyakan apa bahan adari bernda keramik ini? Banyak yang mengatakan tanah. Ya, memang benar. Sehingga, mungkin dalam pengetahuan dasar mereka sebenarnya mengetahui hanya perlu pengetahuan lanjutan untuk memahamkan benda-benda yang terbuat dari tanah.
Oleh karena itu juga, beberapa sekolah taman kanak-kanak sudah beberapa tahun mengadakan eduwisata di sentra-sentra keramik termasuk studio keramik. Selain berbiaya murah, kinjungan ini akan berfek besar untuk membekali anak-anak kita dalam hal pengetahuan dasar maupun menapresiasi suatu produk. TK PKK Grogolan dan TK Ar Rahman, keduanya berada di Sleman memanfaatkan kesempatan belajar luar kelas untuk mengenalkan keramik kepada para siswa.
Studio keramik menyiapkan program pengenalan dengan membawa anak mengetahui alur pembuatan keramik sekaligus mengalami sendiri bagaimana membuat benda-benda keramik sederhana. Antusiamenya sangat besar, dengan khas anak-anak. Ada yang semangat, tetapi ada yang cepat bosan. Tetapi, walaupun dalam waktu singkat, mereka telah mengetahui bagaimana keramik dibuat. Dan hal tersebut akan diingat terus sampai dewasa.
Gambar-gambar aktivitas:




1 comment: