[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Thursday, May 8, 2008

Apakah Glasir itu?


Koleksi Studio Keramik P4TK SB

Glasir merupakan material yang terdiri dari beberapa bahan tanah atau batuan silikat dimana bahan-bahan tersebut selama proses pembakaran akan melebur dan membentuk lapisan tipis seperti gelas yang melekat menjadi satu pada permukaan badan keramik.


Glasir merupakan kombinasi yang seimbang dari satu atau lebih oksida basa (Flux), Oksida Asam (Silika), dan Oksida Netral (Alumina), ketiga bahan tersebut merupakan bahan utama pembentuk glasir yang dapat disusun dengan berbagai kompoisisi untuk suhu kematangan glasir yang dikehendaki.


Dalam pengertian yang sederhana untuk membuat glasir diperlukan tiga bahan utama, yaitu :

  • SILIKA: berfungsi sebagai unsur penggelas (pembentuk kaca)
    Silika (SiO2)
    juga disebut Flint atau Kwarsa yang akan membentuk lapisan gelas bila mencair dan kemudian membeku. Silika murni berbentuk menyerupai kristal, dimana apabila berdiri sendiri titik leburnya sangat tinggi antara yaitu 16100 C - 17100 C.

  • ALUMINA: berfungsi sebagai unsur pengeras
    Al2O3 yang digunakan untuk menambah kekentalan lapisan glasir, membantu membentuk lapisan glasir yang lebih kuat dan keras serta memberikan kestabilan pada benda keramik. Yang membedakan glasir dengan kaca/gelas adalah kandungan aluminanya yang tinggi.
  • FLUX : berfungsi sebagai unsur pelebur (peleleh)
    Digunakan untuk menurunkan suhu lebur bahan-bahan glasir. Flux dalam bentuk oksida atau karbonat yang sering dipakai adalah ; timbal, boraks, sodium/natrium, potassium/kalium, lithium, kalsium, magnesium, barium, strontium, bersama-sama dengan oksida logam seperti : besi, tembaga, kobalt, mangaan, krom, nikel, tin, seng, dan titanium akan memberikan warna pada glasir, juga dengan bahan yang mengandung lebih sedikit oksida seperti : antimoni, vanadium, selenium, emas, kadmium, uranium.

8 comments:

  1. Pak/Bu...
    Kalau tidak keberatan, mohon dishare juga cara membuat glazir tersebut....dari bahan2 mentah sampai jadi, siap untuk dipoles ke keramk.
    terima kasih,

    ReplyDelete
  2. Ok, nanti kami akan post secara bertahap.

    ReplyDelete
  3. saya pingin mengglazir sendiri. mohon sharingnya dan bimbingannya

    ReplyDelete
  4. di mana bisa di dapatkan glasir tersebut atau dapat di beli di toko yang menjual apa

    ReplyDelete
  5. Adakah glasir tersebut di jual sudah tinggal pakai tidak lagi di racik sendiri , kalau ada merek apa yang bagus

    ReplyDelete
  6. Adakah glasir tersebut di jual sudah tinggal pakai tidak lagi di racik sendiri , kalau ada merek apa yang bagus

    ReplyDelete
  7. Adakah glasir tersebut di jual sudah tinggal pakai tidak lagi di racik sendiri , kalau ada merek apa yang bagus ,herryteng@yahoo.com

    ReplyDelete