[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, February 23, 2009

Tungku Keramik


Tungku pembakaran atau kiln adalah suatu tempat/ruangan dari batu bata tahan api yang dapat dipanaskan dengan bahan bakar atau listrik dan dipergunakan untuk membakar benda-benda keramik.

 Fungsi tungku pembakaran adalah untuk membakar benda-benda keramik yang disusun di dalamnya dan dibakar dengan menggunakan bahan bakar khusus (kayu, batu bara, minyak, gas, atau listrik) sampai semua panas menyebar dan membakar semua yang ada di dalam tungku itu. Pembakaran atau radiasi panas berlangsung di dalam tungku atau di bawah ruang bakar dan kelebihan asap keluar melalui saluran api atau cerobong tungku. Sirkulasi panas harus dibiarkan  secara merata dan bebas di sekeliling benda pada saat dibakar.

 Saat ini berbagai jenis tungku pembakaran dapat dijumpai baik di sentra-sentra kerajinan keramik (gerabah), studio keramik, maupun industri keramik. Penggunaan jenis tungku pembakaran yang digunakan sudah tentu dengan melihat beberapa faktor. Beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih atau merancang tungku pembakaran keramik ialah:

 a.     Jenis tungku.

Yang dimaksudkan dengan jenis tungku adalah sirkulasi api/jalannya api, bentuk tungku, ukuran/ kapasitas. bahan yanq digunakan.

b.    Kapasitas tungku pembakaran

Kapasitas erat kaitannya antara produktivitas dengan volume tungku (ruang pembakaran), sehingga perlu dipikirkan seberap ukuran tungku pembakaran yang harus dibuat.

c.     Suhu akhir yang ingin dicapai,

Dalam merancang tungku pembakaran perlu mengetahui jenis badan benda keramik yang akan dibakar, sehingga bahan baku untuk pembuatan tungku juga menyesuaikan. Untuk efisiensi dipilih tungku pembakaran yanga dapat mencapai suhu tinggi.

d.    Kondisi pembakaran yang diinginkan

Kondisi pembakaran yang akan dicapai untuk pembakaran jenis oksidasi, reduksi, atau netral  harus ditetapkan guna menentukan bentuk ruang bakar, alat pembakar (burner) dan damper.

e.     Jenis barang yang akan dibakar

Bahan tanah liat keramik yang dibakar dapat dibedakan menjadi terracotta/earthenware, stoneware atau porselin oleh sebab itu kita perlu menentukan jenis tungku, ukuran, dan bahan bakar yang akan digunakan.

f.     Jenis bahan bakar

Jenis bahan bakar yang akan digunakan perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan, apakah dengan  kayu, minyak, gas, batu bara, atau listrik.

g.    Lokasi tungku

Lokasi pembuatan tungku harus memperhatikan kondisi lingkunqan, di dalarn kota, pinggiran, halaman pabrik, garasi, dll.

h.     Ukuran plat/shelves

Ukuran plat tahan api juga harus diperhitunqkan untuk disesuaikan dengan ukuran plat yang telah ada karena yang ada di pasaran ukurannya terbatas.

 Berbagai macam tungku pembakaran yang dapat digunakan banyak jenisnya mulai dari yang sederhana hingga yang paling modern, sejalan dengan perjalanan waktu. Penggolongan jenis tungku dapat dibedakan berdasarkan bentuk, mode operasi, kontak panas, pemakaian nama penemunya, sirkulasi api, dan bahan bakar yang digunakan.

Tungku pembakaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut  menurut bahan bakar, aliran panas/ sirkulasi api, bentuk, kontak panas, cara operasi/proses pembakaran, pemakaian, dan penemunya. Namun dari berbagai klasifikasi tersebut hanya akan dijelaskan sebagian saja.

 

a.    Klasifikasi Tungku menurut Bahan Bakarnya 

Bahan apapun yang dapat terbakar dapat digunakan untuk membakar keramik, tetapi sejak dulu pembakaran mempergunakan kayu dan batu bara, sedangkan pada perkembangan terakhir pembakaran menggunakan minyak dan gas. Sekarang sumber panas yang baru untuk pembakaran keramik ialah listrik.

 Jenis tungku berdasarkan bahan bakar (sumber panas) yang digunakan dapat digolongkan menjadi lima macam, yaitu:

1).   Tungku bahan bakar gas

 Tungku pembakaran keramik  dengan bahan bakar gas saat  ini dirasakan relatlf Iebih murah dan mudah dibandingkan dengan tungku lainnya. Dengan menggunakan tungku gas maka kondisi pembakaran netral, oksidasi atau reduksi dapat dengan mudah dicapai, dengan mengatur gas, saluran udara primer dan damper.

2).   Tungku listrik,

 Tungku listrik merupakan alat pembakaran benda keramik dengan menggunakan tenaga listrik. Tenaga listrik tersebut diubah menjadi tenaga panas dan tenaga panas inilah yang akan mematangakan badan tanah liat menjadi keramik. Pembakaran dengan tungku listrik merupakan cara pembakaran yang paling mudah dan efisien karena dalam tungku listrik biasanya telah dilengkapi perlengkapan kontrol yang memadai, seperti saklar/tombol penyala yang sekaligus berfungsi sebagai regulator (pengatur energi listrik), program pembakaran (waktu maupun suhu pembakaran), thermocouple-pyrometer sebagai penunjuk suhu bakar.

3).   Tungku bahan bakar padat (kayu, batu bara),

 Tungku pembakaran keramik  dengan bahan bakar kayu merupakan cara pembakaran tradisional yang sederhana. Salah satu pembakaran sederhana yaitu pembakaran sistem ladang. Cara ini dilakukan di ladang terbuka dengan menggunakan bahan bakar jerami, kayu, serbuk gergaji atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Jenis ini merupakan salah satu cara pembakaran keramik yang paling tua. Saat ini tungku tradisional yang paling banyak dijumpai adalah tungku bak terbuka yang banyak digunakan oleh perajin.

4).   Tungku bahan bakar minyak,

Tungku pembakaran benda keramik menggunakan bahan bakar minyak tanah biasanya dilakukan dengan tungku catenary. Pembakaran dengan tungku catenary lebih rumit dari pada tungku bak terbuka, untuk mengoperasikan jenis tungku ini diperlukan pengalaman. 

Tungku jenis ini memerlukan alat untuk pengapian (burner) yang didesain secara khusus biasanya dilengkapi dengan alat penghembus udara (blower), pada tungku dengan bahan minyak tanah ini tekanan minyak sangat diperlukan sehingga penempatan drum atau tanqki minyak harus dletakkan pada tempat yang cukup tinggi sehingga denqan gaya gravitasi bumi minyak dapat mengalir apabila kran dibuka. 

Secara umum cara kerja kompor pembakar adalah untuk menghasilkan panas dengan merubah minyak menjadi gas dengan bantuan udara baik alami (sekitar) maupun udara dari blower sehingga mudah terbakar.

10 comments:

  1. salam kenal mas,artikel yang sangat menrik..saya dari kebumen adan mempunyai usaha pembuatan genteng..mohon saran mengenai tungku yang effisien untuk pembakaran genteng..saran saya tunggu di email saya..mamanbh@yahoo.com..
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. kop mau beli or mesen tungku berapa biayanya ya?tuk glatsir berapa pemanasannya

    ReplyDelete
  3. saya perlu tungku bhn bakar gas untuk pembakaran keramik, apa sudah ada? mhn dikirim gambarnya dan brp harganya, hal ini akan saya terapkan di keramik banjar negara untuk pengembangan penelitian. terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Numpang promo mas,
    Kalau mau pesan tungku keramik, hubungi 0351-7703033 atau kunjungi keramik88.com

    ReplyDelete
  5. @semuanya: mohon maaf komen Anda terkadang tidak terdeteksi di account kami shg kami terlewat untuk membalas komentar Anda. Akan kami perbaiki masalah ini.
    @anonym: kami belum mengetahui secara jelas karakter tungku untuk genting. Smg nanti kami py artikel ttg itu
    @ tungku berbahan bakar gas berkisar 8 jt-an - ratusan juta; Anda dapat pesan di Bandung (Asmujo atau Surya Sakti) atau ada promo tungku oleh Pak Frans di www.keramik88.com. Pembakaran glasir 1050 - 1300-an tergantung enis bodi dan glasirnya.
    @artiani: kami tidak menjual tungku hanya merekomendasikan tempat2 pembuatan tungku (lih response diatas).
    @Frans: silakan, boleh kirim speknya ke email kami...?.

    ReplyDelete
  6. mas mau tanya, kira2 bentuk atau desain dari sambungan pipa dan tungku itu kayak gimana ya? bahan bakarnya pake gas alam, itu proses pemasangan pipa untuk mengalirkan panas pada tungku itu desainnya kayak gimana? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Izin bertanya, dimana tempat penjualan tungku keramik dan berapa kisaran harganya ?? terima kasih

    ReplyDelete
  8. Pak kalau mau beli bahan2 tungku yg harganya murah dimana ya ? Mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
  9. Pak kalau mau beli bahan2 tungku yg harganya murah dimana ya ? Mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
  10. Beberapa pihak yang menyediakan tungku dan perlengkapannya yang saya tahu:

    1 Asmudjo (dosen itb)
    2 Anton, studio lentera.
    3. Mustakim, Surya Sakti, Bandung.
    4 Keramik88.com
    Kisaran harganya dari 15 juta-100 jutaan.

    ReplyDelete