[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Tuesday, February 24, 2009

Belajar teknik putar=belajar bentuk silinder

Area teknik putar studio keramik

Bentuk silinder diatas kepala putaran

Produk-produk dengan bentuk dasar silinder

Para siswa belajar teknik putar

Produk-produk keramik yang dibuat dengan teknik putar merupakan bentuk-bentuk dengan dasar silinder/silindris. Bentuk ini terwujud karena prinsip dasar pembuatannya adalah benda mentah/lempung diletakkan pada sebuah mesin yang berputar. Kalau kita bayangkan, gerakan putaran merupakan suatu bentuk lingkaran yang berulang-ulang. Oleh sebab itu bentuk benda yang didapatkan juga berbasis pada bentuk lingkaran. Karena bentuk yang didapatkan dapat kita rekayasa menjadi dimensi tiga, maka bentuk silinder akan kita dapatkan dengan menaikkan (pulling up) dari lingkaran awal tersebut.
Bagi kita yang ingin belajar membuat mangkok, membuat guci, piring dan lain-lain; haruslah menguasai bentuk silinder terlebih dahulu. Setelah bentuk silinder didapatkan, maka proses lanjutannya lebih mudah dilakukan.
Siswa-siswa dan mahasiswa yang belajar di studio keramik, secara terus-menerus 'dipaksa' membuat silinder lebih dahulu sampai cukup mahir, baru kemudian mengembagkan dalam bentuk-bentuk yang lain. 

No comments:

Post a Comment