[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Thursday, March 5, 2009

Studi Industri sebagai input pada materi diklat desain produk

Berkunjung di industri keramik milik Bp Muhdiyar

Kunjungan di Loro Blonyo Ceramic

Mencari keterangan di Burat Kriasta Keramik

Pembelajaran materi pokok produktif keramik pada diklat 2009 ini diawali dengan kunjungan industri sebagai wahana untuk memberikan input materi desain. Pada kunjungan ini para peserta dapat melihat ragam dan bentuk-bentuk produk keramik yang sedang trend di sentra keramik Kasongan dan Pundong. Selain ini para peserta juga dapat melihat proses secara langsung yang nantinya dibandingkan dengan proses yang akan dilakukan di studio keramik.
Di Pundong kami mendapat penjelasan bahwa saat ini pasar keramik memang sedang lesu karena terimbas krisis global setelah pada tahun 2006 sebelumnya, para perajin juga terkena musibah gempa bumi yang melanda Yogyakarta. Bp. Muhdiyar selaku pemilik usaha keramik yang cukup besar di Pundong menjelaskan, beliau beranjak dari nol lagi akibat seluruh usahanya runtuh dan produk yang siap ekspor pun ludes akibat gempa. Tetapi  saat ini usahanya sudah mulai aktif dan  menggeliat oleh order-order yang masuk. Walaupun order dari luar negeri langsung masih minim.

No comments:

Post a Comment