[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Sunday, March 6, 2011

Membuat Keramik Dengan Teknik Putar: Bentuk-bentuk Bibir dan Kaki Benda Keramik

Pembentukan kaki dari benda keramik akan memberikan nilai tambah dari penampilan umum benda keramik, disamping fungsi teknis sebagai penyangga benda keramik tersebut. Pembuatan kaki benda keramik dapat Anda lakukan setelah kondisi benda keramik tersebut dalam keadaan setengah kering (leather hard), hal ini dimaksudkan agar benda keramik tersebut sudah cukup kuat sehingga tidak berubah bentuk. Bentuk kaki benda keramik biasanya mempertimbangkan dari segi estetis, struktur, dan kepraktisan. Beberapa bentuk kaki benda keramik:


Bentuk-bentuk kaki.

Membentuk bibir dari benda keramik akan menambah penampilan dari benda tersebut. Untuk membuat bibir benda keramik, sisakan sedikit ketebalan pada bagian atas dari badan benda keramik, hal ini dilakukan dengan menekan tanah liat bagian atas sehingga terbentuk bibir benda keramik. Untuk membuat variasi bibir benda keramik dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuat mal sehingga bentuknya sama, menggunakan alat bantu pembentukan, menggunakan jari secara langsung dengan bantuan kain halus. Membentuk bibir benda keramik dilakukan bersamaan pada waktu membentuk benda keramik.



Bentuk-bentuk bibir benda keramik.

No comments:

Post a Comment