[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Sunday, May 22, 2011

Formula dan Resep Glasir

Ada 2 (dua) istilah yang digunakan untuk menyatakan sebuah campuran glasir, yaitu formula dan resep. Formula adalah suatu pernyataan susunan bahan-bahan glasir yang dinyatakan dengan komposisi oksidanya. Ada 3 macam oksida yang terlibat dimana dalam ilmu glasir sering disebut sebagai RO formula. RO formula terdiri dari:
1. Oksida Basa, yaitu oksida-oksida logam yang mempunyai rumus R2O dan RO, seperti Na2O, K2O, CaO, MgO, BaO, ZnO, PbO dsb. Golongan ini dikenal sebagai fluks/pengubah kerangka gelas.
2. Oksida Netral, yaitu oksida-oksida yang mempunyai rumus R2O3, seperti Al2O3, Fe2O3, B2O3, Cr2O3 dsb. Golongan ini berfungsi sebagai perantara yang memperkuat kerangka gelas.
3. Oksida Asam, yaitu oksida-oksida yang mempunyai rumus RO2, seperti SiO2, TiO2, ZrO2. Golongan ini berfungsi sebagai kerangka gelas.

RO

R2O3

RO2

SodiumOxide (Na2O)

AlumuniumOxide (Al2O3)

Silika Oxide (SiO2)

Potassium Oxide (K2O)

Boric Acid (B2O3)

Titanium Dioxide (TiO2)

Calcium Oxide (CaO)

Antimony Oxide (Sb2O3)

Zirconium Oxide (ZrO2)

Lithium Oxide (Li2O)

Chromic Oxide (Cr2O3)

Tin Oxide (SnO2)

Magnesium Oxide (MgO)

Red Iron Oxide (Fe2O3)

Barium Oxide (BaO)

Zinc Oxide (ZnO)

Strontium Oxide (SrO)

Lead Oxide (PbO)


Al2O3 dan SiO2 adalah suatu kemutlakan. B2O3 tidak dapat menggantikan aluminat kecuali mungkin pada temperature rendah. Jumlah alumina yang disarankan hanyalah suatu perkiraaan dan akan sangat tergantung dari derajat keaktifan fluks yang dipilih. Silika tidak bisa digantikan oleh titanium, zirconium ataupun tin. Bahan-bahan ini lebih berperan sebagai opacifier (penutup) (penutup). Bahan-bahan keramik yang umumnya merupakan campuran berbagai mineral dinyatakan dengan rumus Seger dalam urutan konvensional:

R2O

RO. R2O3 . RO2

Rumus Seger ini bisa untuk menyatakan rumus material keramik maupun glasir.

· R2O dan RO menyatakan oksidasi pengubah kerangka gelas dengan jumlah 1 ekivalen.

· R2O3 menyatakan oksida perantara yang memperkuat kerangka gelas.

· RO2 menyatakan oksida pembentuk kerangka gelas.

Formula glasir belum menyatakan bahan-bahan mineral yang dipakai sehingga untuk menyusun glasir, formula tersebut harus diubah dulu kedalam bentuk resep. Resep sudah bersifat aplikatif, sehingga kita tinggal membaca resep tersebut saat kita akan menyusun glasir.

Berikut ini contoh bentuk formula dan resep (contoh tidak menujukkan komposisi yang analog):

Formula:

0.8 PbO

0.1 CaO 0.2 Al2O3 1.5 SiO2

0.1 K2O

Resep:

Feldspar 40.00

Whiting 20.00

Kaolin 10.00

Copper oxide 3.00

Rutile 3.00

3 comments:

  1. dari formula tersebut bagaimana bia menjadi resepnya seperti itu,mohon pencerahannnya,saya tertarik mempelajari glasir ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda dapat belajar hitung glasir; dimana akan dipelajari cara mengubah formula ke resep dan resep ke formula glasir. Unduh bukunya di website ini juga

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete