[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Tuesday, May 3, 2011

Pola Prakerin di Studio Keramik

Dalam rangka mengefektifkan waktu bekerja sekaligus belajar anak-anak SMK yang melakukan prakerin di Studio Keramik, mulai 2011 kami menerapkan pola baru yang lebih sistematis. Pola ini dikembangkan agar siswa merasakan proses bekerja, proses belajar, dan proses berkreatifitas selama di Studio Keramik.
Kegiatan prakerin terbagi menjadi 3 kegiatan utama yaitu:
[1] UNIT PRODUKSI,
[2] BELAJAR KOMPETENSI, dan
[3] PENGEMBANGAN KREATIVITAS.

Pada kegiatan unit produksi, siswa dilibatkan dalam proses produksi karya keramik sesuai order atau stok. Produk keramik yang dibuat akan disediakan oleh studio keramik berupa
gambar/sket/gambar kerja/foto/ sample produk beserta jumlah produknya; Pada kegiatan belajar kompetensi, siswa belajar membuat benda keramik teknik pijit, pilin, lempeng dan teknik putar. Produk yang dibuat akan ditentukan oleh pembimbing; sedangkan pada kegiatan pengembangan kreativitas, siswa belajar membuat benda keramik berdasarkan rancangan sendiri. Siswa membuat sket/gambar kerja dan dikonsultasikan kepada pembimbing.

Pada masa ujicoba ini kami menemukan aspek-aspek yang harus dipertajam penjadwalannya seperti kegiatan harian/mingguan siswa, jadwal pembimbing lapangan yang harus detail dll, dan desain produk yang harus tersedia dari minggu ke minggu.

No comments:

Post a Comment