[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Thursday, July 7, 2011

Faktor-faktor Keberhasilan Glasir

Bahan-bahan yang digunakan

Bahan-bahan glasir kadang-kadang berbeda umur, asalnya, cara pengambilan, dan pemurniannya yang akan dapat mengakibatkan perbedaan kualitas jenis bahan. Sebagai contoh, glasir yang menggunakan feldspar dari Malang/Blitar akan berbeda hasilnya dengan glasir yang menggunakan feldpsar dari Mayong/Jepara. Kondisi ini memaksa kita untuk hati-hati menggunakan enis bahan yang sama tetapi berasal dari daerah yang berbeda. Jenis bahan yang sama kemungkinan besar memiliki komposisi kimia yang berbeda.


Bodi tanah liat

Bodi tanah liat yang digunakan juga memegang peranan penting daolam kualitas warna danpenampilan akhir dari glasir. Komposisi bodi tanah liat dan asal tanah liat harus jelas.


Panas dalam ruang pembakaran

Panas dalam ruang pembakaran sangat berpengaruh apabila dalam penyusunan barang-barangkeramik memerlukan tingkat atau sap akan dapat mengakibatkan hasil pembakaran glasir tiap tingkat akan berbeda. Daerah yang dekat dengan sumber api akan memiliki panas yang berbeda dengan daerah yang jauh dari sumber api. Hal inilah yang menyebabkan pengramik harus mengetahui karakter tungku.


Tipe tungku dan bahan bakarnya

Kualitas hasil pembakaran glasir juga dipengaruhi oleh jenis tungku dan bahan bakar yangdigunakan. Tungku dengan bahan bakar minyak, gas, listrik, atau kayu akan menghasilkan hasil pembakaran yang berbeda-beda.


Atmosfer tungku

Atmosfer dalam tungku akan mengakibatkan timbul oksidasi atau reduksi. Pada atmosfer oksidasi akan muncul oksigen selama pembakaran. Bahan bakar akan bereaksi sempurna dengan oksigen dari udara dalam ruang pembakaran. Sedangkan atmosfer reduksi mengkondisikan oksigen yang terbatas/tidak cukup untuk

membakar semua bahan bakar. Sehingga untuk menyempurankan pembakaran diambillah oksigen dari senyawa oksida yang ada di glasir dan bodi tanah liat.


Penerapan glasir

Kualitas hasil pembakaran glasir juga dapat dipengaruhi oleh cara penerapannya pada permukaan berang keramik baik dengan teknik celup, tuang, kuas, atau semprot hal ini terjadi karena ketebalan lapisan glasir tidak merata pada seluruh permukaan barang keramik..


No comments:

Post a Comment