[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Wednesday, December 7, 2011

Memperkenalkan Keramik Pada Anak-anak

 Program sekolah untuk memperkenalkan keramik pada anak cukup besar. Hal ini terlihat dalam dua tahun terakhir, dimana beberapa sekolah  TK dan pra TK sudah mulai mengenalkan kriya keramik pada anak didiknya yang diwadahi dalam kegiatan pembelajaran luar sekolah atau pembelajaran kecakapan hidup.
Tujuan utamanya adalah melatih kepekaan rasa melalui kreasi membentuk dengan media tanah liat. Tujuan yang lain adalah mengenalkan benda-benda yang digunakan sehari-hari ternyata dibuat dari tanah liat seperti piring, cangkir, lantai, dan lain-lain.
Seperti yang terlihat pada eduwisata TK Widya Mulia Ngaglik Sleman. Para siswa diajak ke studio keramik untuk mendapatkan pengalaman membuat aneka bentuk benda sederhana dari tanah liat. Dari kegiatan ini, siswa akan mendapatkan pengalaman membuat produk tanah liat sekaligus menghargai betapa benda-benda disekitar kita itu banyak sekali yang terbuat dari tanah liat dan betapa asyiknya sekaligus cukup rumitnya proses membuat keramik itu.
Anak-anak terlihat menikmati pengalaman baru ini, karena mungkin inilah kali pertama mereka meremas-remas liatnya tanah lempung. Walaupun cukup rumit mengelola kegiatan ini, tapi manfaat yang didapatkan sangat besar terlebih setelah dewasa mereka akan lebih menghargai sesuatu yang nampaknya remeh temeh.

No comments:

Post a Comment