[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Thursday, March 22, 2012

Kembali Bermain Tanah Liat

Untuk kesekian kalinya SMP Santa Ursula Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang menyelenggarakan eduwisata ke Jogjakarta. Dan untuk kelima kalinya Studio Keramik menjadi salah satu lokasi bagi siswa-siswi sekolah ber-eduwisata. Ini merupakan kegiatan tahunan yang biasanya terselenggara di bulan Maret.
Untuk kegiatan tahun ini, jumlah siswa yang terlibat lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pada tanggal 19 Maret 2012 kemarin, sebanyak kurang lebih 180 siswa didampingi beberapa guru, mengunjungi studio keramik sekaligus belajar praktek membuat benda-benda keramik. Antusiasmenya luar biasa; karena mereka baru kali ini belajar menbuat keramik. Mereka membuat keramik dengan teknik pijit, teknik pilin, dan juga teknik putar. Walaupun jumlah siswanya sangat banyak yang mengakibatkan penanganan yang kurang optimal, tetapi pengalaman belajar mereka tetap saja mengasyikkan. Apalagi mereka mencoba alat putar untuk membentuk mangkuk-mangkuk kecil. Sulit untuk menghasilkan produk yang sempurna, tetapi bukan itu tantangannya. Tantangannya adalah 'mengendalikan' tanah liat itu menurut kemauan kita, baru kemudian sedikit demi sedikit mengarahkannya menjadi sebuah mangkuk.
Apapun hasilnya bermain tanah liat tetap mengasyikkan.

No comments:

Post a Comment