[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, April 16, 2012

Dekorasi Keramik: Proses Dekorasi Marbling

Dalam posting sebelumnya telah dijelaskan 3 jenis dekorasi: pembentukan, plastis, dan leather hard. Sekarang akan dijelaskan proses masing-masing yang diturunkan dalam beberapa tulisan berseri. Diawali dengan dekorasi marbling body.


Proses pembuatan dekorasi marbling body adalah sebagai berikut:
Proses pengulian/penyiapan tanah liat marbling.
pengulian

Irisan tanah liat
 Irislah tanah berbeda warna dan susunlah secara selang seling, selanjutnya lakukan pengulian silang untuk mencampur dua atau lebih tanah liat warna.
 Lakukan pengulian dua atau beberapa tanah liat yang berbeda warna secukupnya, misalnya dua atau tiga kali seperti ditunjukkan pada bagian irisan selama pengulian.  bila pengulian dilakukan terlalu sering dan lama maka tanah yang berbeda warna akan campur dan menyatu warnanya, hal ini tidak menguntungkan karena teknik dekorasi marbling body ini justru akan menonjolkan perbedaan warna tanah liat tersebut.


Tahap pembentukan silindris.


Dekorasi marbling dalam proses pembentukan dilakukan dengan teknik putar, tahapannya persis dengan pembentukan teknik putar, yaitu meliputi tahap:


Centering. Merupakan tahap pemusatan tanah liat plastis di atas putaran dengan cara menekan tanah liat. Penekanan dilakukan dengan menggunakan kedua tangan, tangan yang satu menekan dari atas dan tangan lain menahan pada bagian samping. Lakukan proses ini dengan benar sehingga tanah liat memusat tepat di tengah alat putar.
Centering.



Conning. Merupakan tahap pembentukan tanah liat membentuk kerucut (cone). Caranya dengan menekan tanah liat pada bagian samping menggunakan kedua tangan, setelah naik membentuk kerucut kemudian ditekan ke bawah sehingga membentuk seperti mangkok terbalik.


Conning

 Opening. Tahap melubangi dan menaikkan tanah liat, tangan bagian dalam menekan kearah luar, sedangkan tangan yang di luar menahan sehingga tanah liat tertekan dan naik ke atas membentuk silinder.



Forming. Tahap ini merupakan tahap pembentukan benda keramik menjadi bentuk yang diinginkan sesuai gambar kerja, misalnya vas, mangkok, dan lainnya. Pembentukan dilakukan dengan menggunakan kedua tangan dan pada tahap ini diperlukan keterampilan tangan untuk membentuk tanah liat menjadi benda keramik.


Refining. Tahap ini adalah tahap penyelesaian pembentukan benda keramik, yaitu meratakan permukaan benda dengan menggunakan alat butsir, scraper, atau ribbon kemudian menghaluskan dengan spon.


Refining.

Proses Trimming.
Setelah bentukan benda cukup kuat untuk dipindahkan dan tidak berubah bentuk, letakkan secara terbalik di atas putaran yang sudah ditandai bagian tengahnya sesuai besar diameter benda. Kuncilah beberapa titik benda dengan tanah liat agar tidak bergerak ketika dikerjakan.



Tandailah ukuran kaki yang akan dibuat dengan alat yang sesuai.



Kikislah badan benda dengan butsir pita (ribbon tool) atau turning tool. Pengikisan dilakukan sampai motif marbling kelihatan jelas dengan ketebalan dinding benda yang sesuai.





Produk Keramik Dengan Teknik dekorasi marbling body.

No comments:

Post a Comment