[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, May 14, 2012

Dekorasi Keramik: Proses Dekorasi Nerikomi

Dekorasi nerikomi dilakukan dengan membuat lempengan tanah liat berwarna yang dibuat kepingan polanya, kemudian disusun dengan pola tertentu dalam cetakan dengan cetak tekan dan masing-masing pola bagian disatukan menggunakan slip tanah liat, hasilnya menyerupai mosaik.


Langkah prosesnya sebagai berikut:

(1)  Buatlah lempengan tanah liat dari masing-masing warna yang telah dipersiapkan menggunakan roll slab dan bilah kayu untuk menentukan ketebalannya.
(1)


(2)

(3)


(4)






(2) Susunlah tanah liat berbeda warna secara selang-seling dan tekanlah dengan roll secara merata agar lapisan tanah liat tersebut saling menempel dengan kuat.


(3) Potonglah lapisan tanah liat menggunakan kawat pemotong atau pisau menjadi potongan yang dapat ditempelkan menjadi badan benda keramik  yang menarik.
(5)
(4) Buatlah lempengan lain untuk membuat pola variasi lapisan yang berbeda, masing-masing lapisan diberi slipsalah satu warna agar dapat menempel dengan kuat.
(6)



(5) Gulung dengan padat lapisan tersebut dan potonglah menjadi lempengan silindris.


(7)
(6) Tempelkan dan susun potongan tanah berlapis yang telah dibuat kedalam cetakan mangkok, masing-masing bagian disambung dengan slip yang sesuai warnanya atau dibasahi dengen sedikit air, kemudian sambungan sedikit ditekan agar melekat kuat.


(7) Setelah selesai dan cukup kuat sambungan maupun bendanya, lepaskanlah dengan hati-hati bentukan mangkok dari cetakannya
(8)



(8) Rapikan bagian dalam maupun luar dengan rib atau alat yang sesuai, tempelkan kaki berbentuk bulat pada bagian bawahnya.

No comments:

Post a Comment