[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, January 20, 2020

Prakerin di Studio Keramik | 2020

Mengawali tahun 2020, ada pemandangan yang berbeda di Studio Keramik. Pada Desember 2019, keadaaan relatif sepi karena kegiatan-kegiatan pembelajaran relatif sudah berakhir. Pada awal tahun ini, studio keramik ramai -bahkan sangat ramai- dengan kedatangan lebih dari 20 siswa-siswa SMK yang melakukan praktik kerja industri. Jumlah yang cukup banyak ini bahkan jauh melebihi jumlah rata-rata siswa yang berkegiatan di studio keramik. Kabarnya diakhir Januari bahkan jumlahnya akan melebihi 30 orang.

Beberapa sekolah memercayakan kegiatan prakerin mereka di studio keramik. Tahun ini SMK 1 Kalasan, SMK 5 Yogyakarta, SMK 14 Bandung, dan SMK 1 Banjarbaru Kalsel mengirim siswa-siswinya untuk belajar dan berlatih bekerja di studio keramik. Dengan bimbingan Pak Sugiya, M.Sn, Pak Supriyanto, Mas Rumidi, dan Mas Urep para siswa akan belajar dan berlatih bekerja selama 2-3 bulan. Pembelajaran memang disampaikan secara khusus untuk melengkapi pengetahuan yang sudah diperoleh selama di sekolah dan juga untuk membimbing siswa mengerjakan projeknya. 

Pekerjaan yang akan dijalani di studio keramik meliputi semua kompetensi yang diperlukan dalam industri yakni menyiapkan tanah liat dari brokal sampai siap pakai, handbuilding, teknik putar, teknik cetak, pengglasiran, dan pembakaran. Mereka akan berada di tempat kerja dari 07.30 sampai 16.00. 

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh aspek kompetensi siswa akan meningkat baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Para siswa juga harus memiliki kesadaran diri belajar dengan baik, karena kesempatan belajar di studiokeramik adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan baik. Tak harus selalu menunggu perintah, tetapi inisiatif yang sesuai dengan jadwal dan prosedur harus juga dikembangkan untuk melatih kreativitas dan kedisiplinan.


Mendesain produk




Mengolah tanah liat


Membuat produk dengan teknik putar







No comments:

Post a Comment