[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Monday, February 22, 2021

Studio Keramik di Masa Pandemi

Hampir satu tahun Indonesia dan dunia dilanda pandemi Covid-19. Di tahun 2021 saat ini pun, keadaan belum beranjak membaik. Kasus-kasus positif masih bertambah dan belum menunjukkan grafik puncak. Entah berapa lama lagi keadaan ini akan terus berlangsung. Tetapi kita harus terus optimis bahwa kita mampu bertahan dan produktivitas harus selalu dilakukan, agar apa yang telah dilakukan di masa lalu tidak serta merta hilang begitu saja.

Kalau kita menengok kondisi StudioKeramik, semua baik-baik saja; tetapi aktivitas jauh menurun. Ini disebabkan karena kegiatan yang bersifat tatap muka sangat banyak dikurangi. Karyawan yang dulu setiap hari aktif mengerjakan sesuatu di studio, kini dibagi menjadi 2 shift; sehingga hanya separuh yang beraktivitas setiap harinya. Malah terkadang pernah dibagi menjadi 4 shift; dimana hanya 2 orang tiap harinya yang boleh beraktivitas. Hal ini tak lain karena pernah terjadinya kasus positif di lingkungan kantor. tetapi hal itu tidak terjadi lama, dan Alhamdulillah saat ini, per Februari 2021; walaupun belum kembali ke keadaan normal; aktivitas sudah beranjak terlihat. 

Kegiatan-kegiatan rutin yang sangat terdampak adalah kegiatan diklat bagi guru-guru vokasi/kejuruan. Tahun 2020 kemarin, BBPPMPV Seni Budaya sebagai lembaga dimana studiokeramik bernaung menyelenggarakan beberapa diklat daring bagi guru vokasi maupun umum. Diklat yang berkaitan dengan program studi kriya keramik ada 3 yaitu pembentukan teknik pijit bagi guru umum, Desain Produk Keramik, dan Glasir Keramik. Total ada sekitar 40 guru yang terlibat dalam ketiga kegiatan tersebut.

Walaupun diselenggarakan secara daring, tetapi kami mengusahakan semaksimal mungkin output kegiatan bermanfaat bagi para peserta. Dengan LMS Google Classroom; materi dan penugasan dirancang sedemikan rupa agar materi dapat dikuasai dengan baik dan penugasan dapat dikerjakan dengan tuntas. Sesi tatap muka digantikan dengan video conference via Cisco Webex. Seklain sebagai usaha memelihara kompetensi, baik pengetahuan maupun keterampilan, kegiatan ini juga sebagai upaya memelihara jalinan silaturahmi antarguru keramik.

Kegiatan lain yang juga cukup terdapat adalah prakerin bagi siswa SMK. Sepanjang tahun, studiokeramik biasa dijadikan lokasi prakerin bagi 5-6 gelombang prakerin. Tetapi dalam tahun ini; kami belum bisa menerima kegiatan yang bersifat berkumpul dan tatap muka.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan aktivitas pembelajaran kembali normal lagi.   

No comments:

Post a Comment