[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Wednesday, February 15, 2023

Mengenalkan Proses Membuat Keramik pada Anak

Di awal semester 2 tahun 2023 ini, banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran luar kelas, baik itu studi banding, eduwisata, outbond dan sebagainya.  Bagi anak, hal tersebut adalah pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Beberapa bulan mereka fokus belajar di dalam kelas, maka ada saatnya mereka belajar di luar kelas baik ke tempat wisata maupun ke destinasi eduwisata.

Demikian juga TK Mardi Siwi Tempel Sleman. Pada bulan Februari ini mereka mengadakan kunjungan dan praktik membuat keramik sederhana dari tanah liat. Sebanyak 46 siswa mengikuti kegiatan ini dan mereka dipandu oleh Ibu guru dan instruktur studio keramik.

Sugiya, M. Sn selaku ketua instruktur memamdu anak-anak dalam membuat produk keramik sederhana. Dengan instruksi terpusat, anak-anak dibimbing untuk memuat produk pertama yaitu kura-kura. Langkah demi langkah proses disampaikan sampai anak menghasilkan sebuah produk kura-kura.

Untuk mengembangkan kreativitas, pada proses selanjutnya anak-anak dibebaskan untuk membuat produk yang mereka sukai. Ini adalah upaya untuk memantik kreativitas sekaligus melatih motorik halus anak melalui aktivitas dengan material yang lembut.

Pada akhir praktik, anak-anak menghasilkan beberapa karya seperti kura-kura, mangkuk, ular, keranjang buah, mobil dll. nantinya produk ini akan diglasir dan dibakar sebagai hasil karya pembelajaran luar kelas siswa.







No comments:

Post a Comment