[studiokeramik Media] : StudioKeramik TV | StudioKeramik.org| Koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishing (Penerbitan Buku)

[Social Networks]: Facebook Fan Page| Follow on Twitter | +1 on Google+
_________________________________________________________

Friday, August 26, 2022

Ayo Bermain Tanah Liat


--Tim Studio Keramik

Setelah dua tahun pembelajaran tatap muka dibatasi akibat pandemi covid-19, pada tahun 2022 ini sekolah-sekolah sudah mulai menyelenggarakan pembelajaran, baik tatap muka di dalam kelas maupun pembelajaran luar kelas untuk membekali pengalaman siswa dengan pembelajaran yang lebih kontekstual dan menyenangkan.

Pembelajaran di Studio Keramik juga sudah berjalan mormal dengan diadakannya diklat kriya keramik bagi guru maupun diadakannya kunjungan-kunjungan eduwisata oleh sekolah-sekolah.

---

Suara riuh anak-anak mulai terdengar pada 08.20. Dibimbing oleh Ibu Nur Hidayah dan Ibu Anti Mukhoyaroh selalu pimpinan KB/TK beserta para guru, dengan berkostum kaos olahraga warna pink, anak-anak KB/TK Widya Mulia memasuki area studio keramik dengan wajah ceria. Pagi ini (26 Agustus 2022) mereka akan berkunjung dan mengalami sendiri bagaimana membuat produk-produk sederhana dengan tanah liat. Tanah liat sebayak 1 kg disediakan untuk masing-masing anak agar mereka berekspresi secara alami, merasakan lembutnya tanah liat, dan menuangkan idenya sendiri.



Dengan bimbingan Ibu guru dan instruktur Studio Keramik, pertama-tama mereka dikenalkan bentuk-bentuk sederhana dan lucu yang dapat dibuat. Bentuk kura-kura dijadikan contoh produk yang dibuat dengan bimbingan, agar mereka mengetahui prosedur dasar membuat aneka bentuk tanah liat. Setelah itu mereka secara alamiah --dengan semangat ingin tahu dan ingin coba—membuat aneka bentuk sesuai kesukaan mereka. Ada yang membuat mobil, truk, ular, tempat duduk, pantai, wadah, sampai bentuk-bentuk abstrak. Ini adalah sarana melatih imaginasi bagi anak. Ini juga sarana melatih sensitivitas motorik bagi anak.

Yang penting mereka bergembira dengan aktivitas pagi ini dan mereka bisa berekspresi positif sesuai dengan selera dan kesukaannya.

Selamat berkarya dan bergembira.

  









No comments:

Post a Comment